Kemenag puji peran BI kembangkan ekonomi dan keuangan syariah

Bank Indonesia

Dalam rangka HUT ke-68 tahun Bank Indonesia (BI) pada 1 Juli 2021, Sekretaris Ditjen Bimas Islam M Fuad Nasar mengapresiasi peranan bank sentral sejauh ini dalam mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

“Sebagai salah satu instrumen alternatif untuk pemerataan kesejahteraan, industri keuangan, dan ekonomi syariah di negara kita akan terus bertransformasi menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” terang Fuad, seperti dilansir dari bimasislam.kemenag.go.id.

Fuad mengungkapkan, setiap tahun BI menggelar agenda tetap Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) dan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) regional bekerja sama dengan seluruh pemegang kepentingan yang terkait dengan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, termasuk dengan Kementerian Agama.

Dalam berapa kali event di beberapa kota, sebelum pandemi Covid-19, Kemenag hadir dan menyaksikan keseriusan pimpinan dan teman-teman dari jajaran Bank Indonesia kantor pusat khususnya Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) maupun dari Kantor Perwakilan (KPW) Bank Indonesia di daerah dalam menyukseskan agenda festival ekonomi syariah. 

“Bank Indonesia selama ini menjalin kemitraan dengan Kemenag, misalnya memfasilitasi pengembangan tata kelola zakat dan wakaf, pemberdayaan ekonomi umat berbasis pondok pesantren, serta penguatan ekosistem industri halal,” ungkap Fuad.

Di usia yang ke-68 ini, Fuad berharap, Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia dapat terus menjadi mitra strategis dalam mengembangkan ekonomi umat dan pasar keuangan syariah yang sangat potensial di negara kita. Tujuan akhir kita adalah terwujudnya masyarakat adil dan makmur.

“Semoga semakin sukses dan tangguh dalam menjaga sistem perekonomian, stabilitas moneter, dan sistem pembayaran di tanah air,” tutup Fuad.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply