Gubernur Riau desak OJK sahkan konversi Bank Riau Kepri menjadi syariah

Bank Riau Kepri

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera mengesahkan Bank Riau Kepri (BRK) dari konvensional menjadi syariah. 

Peralihan Bank Riau Kepri dari konvensional menjadi syariah hingga kini masih belum terwujud. Gubernur Riau Syamsuar mengatakan untuk peralihan Bank Riau Kepri dari konvensional ke syariah, menjadi kewenangan OJK. 

Padahal persyaratan dan kesepakatan seluruh pemegang saham sudah diselesaikan. Sehingga untuk menjadikan Bank Riau Kepri syariah hanya menunggu pengesahan dari OJK. 

“Kalau seluruh pemegang saham sudah setuju semua BRK menjadi syariah,” kata Syamsuar saat melakukan pertemuan dengan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir yang diwakilkan oleh Wakil Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas, di Rumah Dinas Gubernur Riau, Senin (22/11). 

“Mudah-mudahan Ketua OJK dapat menyetujui sekaligus mengesahkan Bank Riau Kepri menjadi syariah, apalagi Bank Riau Kepri ini juga merupakan deretan aset tertinggi di Indonesia,” tambahnya seperti dilansir dari ppid.riau.go.id. 

Menurutnya, peralihan Bank Riau Kepri dari konvensional menjadi syariah adalah harapan masyarakat Provinsi Riau yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian syariah di Bumi Lancang Kuning. 

Apalagi, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin beberapa waktu lalu, telah menetapkan Provinsi Riau sebagai Zona Ekonomi Syariah yang diharapkan dapat menjadi lokomotif ekonomi syariah di Riau dan Indonesia.

Untuk diketahui, PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri (BRK) telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) 2021 untuk menetapkan sejumlah pejabat tinggi. Di antaranya untuk posisi pejabat Komisaris Utama, Komisaris Independen, serta Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko. 

Rapat pada Senin (15/11/2021) menetapkan Syahrial Abdi sebagai Komisaris Utama, Roy Prakoso sebagai Komisaris Independen dan Fajar Restu Febriansyah sebagai Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Bank Riau Kepri. 

Hadir 21 pemegang saham Bank Riau Kepri dari Pemerintah Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau serta Pemerintah Kota/Kabupaten di wilayah Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. 

Dari Provinsi Riau sebagai Pemegang Saham Pengendali dihadiri langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar dan dari Provinsi Kepulauan Riau diwakilkan oleh Syamsul Bahrum selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta 19 wali kota/bupati dan beberapa perwakilan pemegang saham se-Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. 

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesedian Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia (dahulu Bank Syariah Mandiri): (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply