Ekonom Indef: BSI harus sasar generasi milenial

Bank Syariah

Ekonom Indef Abra Talattov mengatakan, setidaknya ada dua pasar yang bisa dibidik Bank Syariah Indonesia untuk meningkatkan pangsa pasarnya, yaitu generasi milenial serta korporat. Untuk bisa merealisasikan itu, Bank Syariah Indonesia harus mampu menghasilkan produk yang berbeda dengan bank konvensional serta memanfaatkan teknologi informasi.

“Hal ini sesuai dengan roadmap pengembangan perbankan syariah Indonesia (RP2SI) 2020-2025 yang baru-baru ini  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) luncurkan,” kata dia dalam webinar, Rabu (17/3). 

Dia menjelaskan, selama ini ada image yang kurang baik mengenai bank syariah. Di antaranya mengenai layanan yang kurang cepat, cost lebih besar, hingga kemudahan mengakses produk yang kalah unggul daripada bank konvensional. Belum lagi jaringan infrastruktur teknologi yang kurang memadai. Padahal itu semua merupakan sesuatu yang harus dipenuhi untuk menarik minat kelompok milenial pindah ke bank syariah.

Untuk itu, Bank Syariah Indonesia harus membangun identitas baru. Jangan sampai eforia yang sekarang muncul, tidak berdampak pada perkembangan Bank Syariah Indonesia. 

“Generasi milenial harus diberikan pengalaman yang baik di bank syariah. Sebab kalau mereka tertarik menggunakan layanan bank syariah pada usia sekarang, besar kemungkinan sampai tua mereka akan tetap bertransaksi di bank syariah,” ucap dia.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adakan dengan membangun fitur dan produk yang ramah dengan generasi milenial. Di mana produknya harus sesuai dengan kondisi terkini. Salah satunya memperkuat digital banking dan itu tidak bisa ditawar-tawat lagi. Sebab anak-anak muda sudah menggunakan gadget untuk transaksi. Begitu juga dengan pengajuan kredit, di mana nasabah bisa mengajukan secara online. Itu semua memerlukan teknologi canggih dengan identifikasi nasabah lebih valid.

“Nasabah korporasi atau konglomerat bisa juga jadi alternatif meningkatkan pangsa pasar Bank Syariah Indonesia,” ucap dia.

Nasabah konglomerat tentunya akan melihat Bank Syariah Indonesia dari sisi bisnisnya. Khususnya return yang diperoleh jika mempergunakan jasa lembaga keuangan bank syariah seperti Bank Syariah Indonesia.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply