Pertumbuhan Pegadaian Syariah sebesar 13,78% pada 2022

Produk Pegadaian Syariah Cicil Kendaraan untuk kendaraan bermotor listrik. Foto Pegadaian

SHARIAHFINANCE.ID-Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, pertumbuhan Pegadaian Syariah pada 2022 sebesar 13,78%, lebih tinggi dari pertumbuhan Pegadaian konvensional.

“Meskipun tumbuh 13,78%, tetapi nasabahnya hanya tumbuh 9,8%,” kata dia, seperti dilansir dari YouTube Pegadaian Official, Kamis (26/1/2023).

Perum Pegadaian telah menjadikan syariah sebagai perhatian. Pasalnya perkembangan ekonomi syariah di Indonesia cukup signifikan. Bahkan berada di posisi nomor empat dunia, setelah Malaysia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Portofolio Pegadaian Syariah sendiri mencapai 20% dari total portofolio yang dimiliki Perum Pegadaian. Hal itu menjadi pekerjaan rumah karena persentase tersebut tidak berubah sejak tiga tahun lalu. Padahal seharusnya portofolio Pegadaian Syariah terus semakin besar karena produk syariah Perum Pegadaian sangat banyak sekali dan menarik.

“Mulai dari mulia hingga Arrum. Ada juga Arrum Safar yang harus digenjot karena sudah ada sejak tiga hingga empat tahun lalu, tetapi masih internal,” terang dia.

Selain itu, Perum Pegadaian juga telah meluncurkan KUR Syariah Rp673 miliar pada 2020 dan harapannya pada 2023 bisa menyalurkan Rp2,25 triliun.

“Itu suatu tantangan yang luar biasa dan jika kami hanya mengandalkan bisnis di gadai dan Rahn maka pertumbuhan dua digit akan ngos-ngosan. maka perlu didukung oleh yang baru, yaitu KUR Syariah karena target kami Rp2,25 triliun ini harus tercapai,” papar dia.

Itulah sebabnya, dia menyebutkan produk syariah akan berkontribusi signifikan bagi bisnis Perum Pegadaian. Apalagi dia meyakini berbagai produk syariah di Perum Pegadaian sangat menarik dan mengandung unsur syariah.

“Yang benaran syariah. Jangan sampai hanya mengakali. Hanya biar ketemu sahnya syariah, melainkan murni syariah,” ucap dia.

Berikut beberapa produk dan layanan syariah di Perum Pegadaian:

  1. Pinjaman Gadai
  • Gadai Emas Syariah
  • Gadai Non Emas Syariah
  • Gadai Kendaraan Syariah
  • Gadai Tabungan Emas Syariah
  • Gadai Angsuran Emas Syariah

2. Pinjaman Non Gadai

  • Pinjaman Usaha Syariah

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesediaan Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia: (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses