Mambu dan Ta3meed percepat adopsi fintech islami di Arab Saudi

Fintech

Arab Saudi telah bertransformasi menjadi pusat fintech inovatif yang dibangun di atas ekosistem yang kuat. Pada 2018, Bank Sentral Saudi (Sama) meluncurkan regulasi untuk mendukung pengembangan inovasi fintech di kerajaan. 

Pasar fintech di Arab Saudi diperkirakan akan mencapai nilai transaksi lebih dari US$33 miliar pada 2023.

Untuk berkontribusi pada ekosistem ini, Mambu, sebuah platform perbankan SaaS murni, dan Ta3meed, fintech Islami terkemuka di bidang pembiayaan perdagangan di Arab Saudi, mengumumkan telah menandatangani perjanjian kemitraan strategis untuk memberikan pembiayaan Islami digital yang inovatif untuk UKM dan investor di wilayah tersebut.

Teknologi perbankan Mambu terintegrasi ke dalam platform pembiayaan pesanan pembelian (PO) otomatis Ta3meed. Solusi gabungan tersebut mendukung visi percepatan transformasi digital lembaga keuangan yang digabungkan dengan solusi pembiayaan dan investasi yang sesuai dengan syariah di Arab Saudi.

Kemitraan ini juga akan fokus pada inklusi keuangan dan aksesibilitas pembiayaan modal kerja untuk usaha kecil dan menengah (UKM), yang merupakan kontributor penting bagi pembangunan ekonomi Arab Saudi dan saat ini hanya menyumbang 8,3% dari total bank dan perusahaan pembiayaan.

Melalui inisiatif Visi 2030, Arab Saudi bertujuan untuk meningkatkan sektor keuangannya sambil mengembangkan ekosistem fintech untuk memastikan ekonomi yang terdiversifikasi dan inklusi keuangan.

“Kami sangat senang dipilih oleh Ta3meed untuk mendukung platform crowdfunding mereka bagi UKM, yang akan mendorong pertumbuhan fintech, inovasi, dan kolaborasi di seluruh industri jasa keuangan dan mendukung program Kingdom’s Vision 2030,” kata General Manager Mambu untuk Afrika Timur dan Utara Miljan Stamenkovic, seperti dilansir TradeArabia, Selasa (19/1) pada waktu setempat.

Ta3meed adalah platform fintech islami pertama yang menyediakan pembiayaan PO di Arab Saudi, menawarkan pendanaan kepada UKM berdasarkan PO yang diterbitkan dan dijamin pemerintah. Solusi yang diberikan oleh Ta3meed sejalan dengan upaya Saudi Vision 2030 untuk mendukung pengembangan UKM dengan menyediakan opsi pendanaan alternatif dan inovatif.

Platform Ta3meed diatur dan diizinkan di kotak pasir oleh Bank Sentral Saudi (SAMA) yang mengelola seluruh proses pendanaan sesuai dengan peraturan Islam.

Mengomentari kemitraan ini,  Co-Founder dan CEO Ta3meed Mohamed Alomayyer berkata Mambu memberikan solusi perbankan digital inti yang terdepan di pasar kepada layanan keuangan dan organisasi fintech terkemuka dunia.

“Dengan kemitraan ini, kami menggabungkan yang terbaru secara digital, menyampaikan solusi pendanaan dengan pembiayaan Islam inovatif yang memungkinkan jutaan investor muslim kesempatan untuk mendanai dan mendukung UKM,” kata dia.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply