Yuk kenali karakteristik Sukuk Wakaf Seri SWR002

Pemerintah berencana menerbitkan sukuk wakaf (Cash Waqf Linked Sukuk) Seri SWR002. Wakaf ini dalam mata uang rupiah dengan akad wakalah.

Instrumen investasi ini memiliki imbalan/kupon tetap 5,57% per tahun dengan jatuh tempo pada 10 Juni 2023.

sebelum berinvestasi dan mumpung masih banyak waktu, yuk kenali instrumen investasi ini.

Karakteristik pokok SWR002 ini dengan pokok-pokok ketentuan dan persyaratannya:

a. Struktur Akad : Wakalah
b. Tanggal Penerbitan : 9 Juni 2021
c. Tanggal Jatuh Tempo : 10 Juni 2023
d. Nilai Nominal : – Nilai Nominal SWR002 yang akan diterbitkan akan ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan
hasil pelaksanaan penjualan dan penjatahan SWR002 yang diperoleh masing-masing mitra distribusi setelah berakhirnya masa penawaran. Nilai Nominal per unit SWR002 ditetapkan sebesar Rp1.000.000 (satu juta Rupiah).
e Denominasi : Rupiah
f. Imbalan/Kupon:
Imbalan berupa sewa yang jumlah pembayarannya bersifat tetap (fixed coupon).
g. Pelunasan SWR002 : Pelunasan dilakukan sebesar 100% (seratus per seratus) dari Nilai Nominal SWR002.
h. Frekuensi
Imbalan/Kupon: Dibayarkan secara periodik setiap bulan pada tanggal 10 (sepuluh). Apabila tanggal 10 (sepuluh)
jatuh pada hari libur maka akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi.
i. Ketentuan
Perdagangan: Tidak dapat diperdagangkan, dan tidak dapat dialihkan.
j. Aset SBSN: Proyek dalam APBN Tahun Anggaran 2021 dan BMN berupa tanah dan/atau bangunan, dengan
nilai dan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan untuk digunakan sebagai Aset SBSN dalam rangka penerbitan SWR002.

Penggunaan proceed dan imbal hasil sukuk wakaf
1. Imbal hasil sukuk wakaf akan digunakan untuk membiayai berbagai program/kegiatan sosial sukuk wakaf yang dikelola oleh para nazhir, yaitu meliputi:
a. pembangunan dan pengembangan aset wakaf yang bersifat fisik seperti rumah sakit, klinik kesehatan, madrasah, pesantren, dan sarana prasarana sosial lainnya.
b. pelaksanaan program sosial yang bersifat non fisik, seperti program sosial untuk yatim piatu dan fakir miskin, layanan kesehatan gratis untuk dhuafa, pemberdayaan ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah, dan program
sosial lainnya.
2. Pada saat jatuh tempo sukuk wakaf, dalam hal wakaf temporer (sementara), dana tunai pelunasan nominal sukuk wakaf akan dibayarkan oleh pemerintah kepada pemilik sukuk wakaf. Dalam hal wakaf perpetual (selamanya), dana tunai pelunasan nominal Sukuk Wakaf diserahkan kepada Nazhir melalui pendebitan rekening dana Wakif untuk dikelola lebih lanjut

Manfaat dan risiko investasi SWR002
1) Manfaat
1. Pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal sukuk wakaf seri SWR002 dijamin oleh negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga sukuk wakaf seri SWR002 tidak mempunyai risiko gagal bayar.
2. Imbalan/kupon bersifat tetap yang dibayar setiap bulan sampai dengan tanggal jatuh tempo dan disalurkan untuk pembiayaan program/kegiatan sosial sukuk wakaf seri SWR002 yang dikelola oleh nazhir sukuk wakaf seri SWR002.
3. Menjadi alternatif instrumen investasi sosial untuk pewakaf uang.
4. Penempatan wakaf uang dalam instrumen yang aman dan minim risiko, yaitu SBSN.

2). Risiko
Ada 2 (dua) jenis risiko potensial yang perlu dipertimbangkan oleh Investor dalam berinvestasi pada SWR002 sebagaimana halnya instrumen investasi lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah, yaitu:
1. Risiko gagal bayar (default risk) adalah risiko apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo baik imbalan/kupon maupun nilai nominal.
Sebagai instrumen pasar modal, SWR002 termasuk instrumen yang bebas risiko (risk free instrument) karena pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal SWR002 dijamin oleh Pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN.
2. Risiko likuiditas (liquidity risk), adalah kesulitan dalam menjual SWR002 sebelum jatuh tempo apabila Investor memerlukan dana tunai sebelum tanggal jatuh tempo SWR002.
SWR002 memiliki risiko likuiditas karena tidak dapat diperdagangkan dan tidak dapat dialihkan. Lebih lanjut, jika investor berpartisipasi dalam SWR002 secara perpetual, maka Nilai Nominal SWR002 akan menjadi hak Nazhir Sukuk Wakaf Seri SWR002 sehingga Investor tidak memperoleh dana tunai hasil pelunasan SWR002.

Batasan pemesanan pembelian untuk setiap pihak
Pemesanan pembelian minimum adalah 1 (satu) unit atau senilai Rp1.000.000 (satu juta Rupiah) dan dengan kelipatan 1 (satu) unit atau senilai Rp1.000.000 (satu juta Rupiah). Tidak terdapat batas maksimum pemesanan pembelian per investor.

Masa penawaran
Masa penawaran dimulai pada 9 April 2021 Pukul 09:00 WIB dan ditutup pada 3 Juni 2021 pukul 10:00 WIB. Dalam hal diperlukan, pemerintah dapat melakukan penyesuaian atas Masa Penawaran dengan terlebih dahulu
mengumumkannya kepada publik.

Agen penjual/mitra distribusi
PT Bank Syariah Indonesia Tbk., PT Bank Muamalat Indonesia Tbk., PT Bank Mega Syariah, PT Bank Syariah Bukopin, PT Bank CIMB Niaga Tbk., (CIMB Niaga Syariah), PT Bank Permata Tbk. (Permatabank Syariah)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses