ST009 akan dipasarkan, calon investor harus tahu syarat dan ketentuan ini

Pemerintah berencana merilis sukuk tabungan dengan format green sukuk ritel, sekaligus menunjukkan komitmen dan kontribusi Pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan Syariah dan juga dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

“Melalui penerbitan Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan seri ST009, pemerintah akan membiayai proyek ramah lingkungan. Hal ini diharapkan dapat memitigasi dampak perubahan iklim dan adaptasi atas perubahan iklim yang telah terjadi,” kata pemerintah seperti dilansir dari djppr.kemenkeu.go.id/.

ST009 adalah instrumen yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas Early Redemption. Early Redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST009 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo.

Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap mitra distribusi dengan nominal pengajuan minimal Rp1 juta dan kelipatannya serta jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Berikut syarat dan ketentuan dari ST009 yang wajib diketahui calon investor.

 

Penerbit

Pemerintah Republik Indonesia

Seri

ST009

Bentuk

Tanpa warkat, tidak dapat diperdagangkan, tidak dapat dialihkan, dan tidak dapat dicairkan sampai jatuh tempo kecuali periode early redemption.

Kupon

Imbalan ST009 bersifat Mengambang (disesuaikan setiap 3 bulan) dengan tingkat iImbalan minimal (floating with floor) sebesar 5,50% p.a.

Nilai mominal per unit

Rp1 juta

Masa penawaran

11-30 November 2022

Maksimum pemesanan

Rp1 miliar

Setelmen/penerbitan

24 November 2021

Tenor, jatuh tempo

10 November 2024

Akad

Wakalah

Underlying asset

Barang Milik Negara dan Proyek dalam APBN 2022 (termasuk green asset).

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses