Inilah jadwal tentatif penerbitan SBSN ritel pada 2023

Ilustrasi berinvestasi di sukuk ritel. Foto Mandiri Sekuritas

SHARIAHFINANCE.ID-Untuk memenuhi pembiayaan APBN 2023 dan menyediakan instrumen investasi yang aman untuk masyarakat, pemerintah berencana menerbitkan SBN ritel yang dapat dibeli WNI, termasuk surat berharga sukuk negara (SBSN) ritel pada tahun ini.

Berikut jadwal tentatif penerbitan SBSN ritel pada 2023 yang dikeluarkan Kementerian Keuangan di Instagram resminya.

1. Sukuk Ritel
(SR 018/3-29 Maret 2023) (SR019/18 Agustus-13 September 2023)

Dari penerbitan SR sebelumnya, setidaknya adalah delapan keuntungan berinvestasi di sukuk ritel, yakni pokok dan imbalan dijamin negara, tingkat imbalan kompetitif atau lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN, dapat diperdagangkan di pasar sekunder antarinvestor domestik, cukup dengan Rp1 juta sudah bisa berinvestasi di sukuk ritel, tingkat imbalan tetap, imbalan dibayar tiap bulan, mendukung pembiayaan pembangunan nasional, akses investasi sesuai prinsip syariah.

“Tujuan utama penerbitan Sukuk Ritel adalah untuk membiayai APBN dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.” kata kementerian Keuangan dalam website resminya.

2. Sukuk Negara Tabungan
(ST010/12-31 Mei 2023) (ST011/3 -29 November 2023)

Belajar dari penerbitan sukuk tabungan sebelumnya, setidaknya adalah delapan keuntungan berinvestasi di sukuk ini, yakni pokok dan imbalan dijamin negara, tingkat imbalan kompetitif atau lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN, early redemption tanpa dikenakan redemption cost oleh pemerintah, kemudahan akses transaksi sistem elektronik (online), imbalan mengambang mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal (floor), imbalan dibayar tiap bulan, mendukung pembiayaan pembangunan nasional, akses investasi sesuai prinsip syariah.

“Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan merupakan penerbitan Green Sukuk Ritel pertama sekaligus menunjukkan komitmen dan kontribusi Pemerintah dalam mengembangkan pasar keuangan syariah dan juga dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui penerbitan Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan, pemerintah akan membiayai proyek ramah lingkungan di dua sektor yakni Transportasi berkelanjutan dan Ketahanan terhadap perubahan iklim. Hal ini diharapkan dapat memitigasi dampak perubahan iklim dan adaptasi atas perubahan iklim yang telah terjadi,” kata Kemenkeu.

3. Cash Waqf Linked Sukuk Ritel/CWLS Ritel (SWR004)
5 Mei-22 Juni 2023

Belajar dari penerbitan sebelumnya, ada enam keunggulan berinvestasi di sukuk ini, yakni penempatan wakaf uang dalam instrumen investasi dijamin oleh negara, pengelolaan dan pemanfaatan dana wakaf uang secara transparan dan akuntabel, adanya fasilitas untuk pewakaf uang, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, Imbalan dibayarkan setiap bulan serta dimanfaatkan untuk pembiayaan program/kegiatan sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dana akan kembali 100% untuk pewakaf (wakif) pada saat jatuh tempo SBSN, dan dengan minimal Rp1 juta sudah mengalirkan berkah untuk ekonomi ummah.

“Melalui CWLS Ritel, pemerintah memberi fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat individu dan Institusi untuk berwakaf uang dengan aman dan produktif serta berpartisipasi langsung dalam mendukung akselerasi kekuatan ekonomi kerakyatan,” ucap Kemenkeu.

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesediaan Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia: (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses