Wapres Ma’ruf Amin tekankan 3 hal yang harus dilakukan Baznas

Wapres saat meresmikan Kawasan Sains Kurnaen Sumadiharga BRIN sebagai Fasilitas Riset dan Inovasi Produk Halal Berbasis Maritim Nasional di Dusun Teluk Kodek, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (16/03/2023). Foto wapresri.go.id

SHARIAHFINANCE.ID-Wakil Presiden (Wapres) K.H Ma’ruf Amin menghadiri acara Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Award di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Pada kesempatan tersebut, wapres menekankan tiga hal yang harus dilakukan Baznas untuk menguatkan ekosistem zakat. Pertama, wapres meminta pengembangan strategi penguatan ekosistem zakat melalui potensi, kekuatan, dan tantangan dari setiap komponen ekosistem zakat.

“Kembangkan strategi penguatan ekosistem zakat nasional. Potensi, kekuatan, dan tantangan dari tiap komponen ekosistem zakat perlu dipetakan dengan saksama. Selanjutnya, agar disusun strategi penguatan dari masing-masing komponen ekosistem zakat tersebut,” ujar wapres, seperti dilansir dari laman resmi Wapres RI.

Lebih lanjut lagi, wapres minta sertifikasi kompetensi amil zakat diperbanyak sebagai salah satu strategi meningkatkan kepercayaan muzaki (pemberi zakat).

“Salah satunya, saya minta sertifikasi kompetensi amil zakat agar terus diperbanyak. Sebagai komponen utama ekosistem zakat, sertifikasi ini [sertifikasi kompetensi amil zakat] akan menambah kepercayaan muzaki karena dana zakatnya dikelola oleh pihak yang profesional” ujarnya.

Dalam acara penghargaan kepada pihak-pihak yang mendukung penyelenggaraan zakat tersebut, wapres meminta kepada para penerima Baznas Award untuk terus menjaga perannya agar dapat direplikasi oleh pihak lain.

“Para penerima Baznas Awards dapat menjaga perannya dan dijadikan sebagai role model untuk direplikasi oleh pihak-pihak lainnya,” tegas wapres.

Selain itu, wapres menuturkan kepada Baznas untuk terus melakukan program strategis dan kolaboratif dalam rangka memperkuat unsur ekosistem zakat nasional, seperti Memorandum of Understanding Baznas dengan KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah).

“Ini adalah langkah yang tepat. Saya minta program strategis dan kolaboratif yang betul-betul memperkuat tiap unsur dari ekosistem zakat nasional, agar segera dipetakan dan disusun,” pungkas wapres.

Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan, Baznas Award merupakan apresisasi terhadap perzakatan yang berkembang di Indonesia.

“Terima kasih banyak untuk presiden dan wapres, kami sering diajak kemana-mana. Alhamdulillah pengaruhnya sangat besar. Sampai saat ini, menurut laporan dari teman-teman pengumpulan bahwa peningkatan rata-rata 30% sampai dengan.35%,” ujar Noor.

Baznas Award tahun ini mengangkat tema “Berkah berzakat, terima kasih muzakki, terima kasih mustahik”. Dalam acara tersebut, wapres juga menyerahkan bantuan bagi korban gempa Turki dan Suriah yang dihimpun oleh Baznas.

“Bantuan diserahkan kepada petugas perwakilan dari Baznas, disaksikan oleh Dubes Turki dan Suriah melalui zoom.
Bantuan terkumpul Rp5 M,” terang Ketua Baznas Noor Achmad mengiringi prosesi penyerahan bantuan.

Mendampingi wapres pada kesempatan ini, Kepala Sekretariat Wapres Ahamad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Guntur Iman Nefianto, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Zumrotul Mukaffa, dan Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien. 

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesediaan Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia: (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.