Wakil Presiden terima penghargaan GIFA Leadership Award 2021

Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Global Islamic Financial Awards (GIFA) 2021 kembali digelar di London, Inggris Raya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di perhelatan yang ke-11 ini, GIFA memberikan apresiasi kepada pelaku dan lembaga yang secara aktif  mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan Islam secara internasional. Adapun dari Indonesia, peraih GIFA tahun ini adalah Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin yang mendapat 11th GIFA Laurates 2021, selaku Kepala Negara yang mempromosikan perbankan dan keuangan syariah di negaranya.

“Kami menerima ini sebagai sebuah tantangan untuk terus bekerja keras mewujudkan visi Indonesia menjadi global hub ekonomi syariah dan industri halal dunia, serta memberikan dampak pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber ekonomi baru pascapandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia,” ujar Wapres ketika menyampaikan Acceptance Speech Penganugerahan GIFA Leadership Awards yang digelar secara virtual, Selasa (14/9).

Lebih jauh Wapres menuturkan, ini bukan kali pertama Indonesia menerima penghargaan dari GIFA. Tahun 2016 Presiden Joko Widodo mendapatkan  GIFA Leadership Award 2016. Pada tahun yang sama, Wapres Ma’ruf Amin yang saat itu menjabat Ketua MUI, juga menerima penghargaan GIFA Lifetime Award. Kemudian, pada 2019 Indonesia mendapatkan penilaian peringkat pertama pengembangan keuangan syariah.

“Bagi kami, semua penghargaan yang diberikan GIFA kepada Indonesia merupakan capaian bersama seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah nasional, yang mendapatkan dukungan dan komitmen politik dari pemimpin tertinggi di Indonesia,” ucap Wapres, seperti dilansir dari wapresri.go.id.

Selain Wapres, penerima penghargaan GIFA Leadership Award 2021 adalah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) untuk kategori institusi. Direktur Eksekutif Ventje Rahardjo mengatakan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi KNEKS dalam memenuhi tugas untuk mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai upaya memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

“KNEKS merupakan bentuk komitmen penuh pemerintah dalam mendukung visi Indonesia sebagai negara yang mandiri, makmur dan madani dengan menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia, yang mana lembaga ini spesial dan unik, serta belum ada yang serupa di dunia,” ujarnya.

Patut diketahui, dalam GIFA Awards 2021 ini, beberapa lembaga ekonomi dan keuangan syariah juga mendapatkan penghargaan, yaitu Yayasan Baitul Maal Muamalat meraih GIFA Excellence Award 2021 kategori Islamic Social Responsibility;  Tazkia Islamic University meraih College GIFA Championship Award 2021 kategori Education in Islamic Banking and Finance; Bank Syariah Indonesia (BSI) meraih GIFA Market Leadership Award 2021 kategori Islamic Banking; dan  Indonesia Stock Exchange (IDX) meraih GIFA Islamic Capital Market Award 2021

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply