MES diharapkan menjadi lokomotif usaha syariah mikro

Masyarakat Ekonomi Syariah

Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengharapkan agar MES bisa menjadi lokomotif dari aktivitas usaha syariah mikro. Sekaligus menjadi bagian mata rantai dari industri halal. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga global dengan memanfaatkan teknologi digital.

“Bagaimana terus memberikan perhatian kepada UMKM, terutama sektor kreatif dan pariwisata. Ini harus berkelanjutan dan relevan. Mulai dari bisnis makanan, aplikasi pemesanan hotel dan sebagainya,” kata dia saat memberikan kata sambutan pada pembukaan The Ect Expo 2021, Senin (17/5).  

Oleh karena itu, Erick yang juga Menteri BUMN ini mengajak kepada seluruh ekosistem MES agar tidak hanya berfokus bagaimana bisnis dapat bertahan tetapi juga dapat berkembang di tengah pandemi.

Untuk itu, memerlukan kreativitas agar produk yang dihasilkan dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, khususnya seperti sekarang ini. Sehingga konsumen dapat memanfaatkan produk tersebut dan akan dicari. 

“Saya tentu berharap dengan adanya pelaksanaan pameran ini, menjadi salah satu dukungan MES sebagai wadah yang efektif bagi pelaku bisnis dan mempromosikan produk lokal yang halal, dan berkualitas juga mendorong daya saing,” kata dia.

Sementara Menparekraf Sandiaga S Uno mengaku, pandemi covid memaksa semua pihak untuk beradaptasi. Untuk itu, dia berharap agar Kemenparekraf dan MES dapat bekerja sama dalam menggerakan UMKM. Khususnya yang bergerak pada sektor ekonomi dan kreatif.

“Salah satu yang bisa dikerja samakan adalah meningkatkan keterampilan agar UMKM bisa melakukan bisnisnya secara virtual,” ucap dia.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses