Jadikan masjid sebagai pusat eksyar, Pemko Medan gandeng UINSU

MoU Pemko Medan dengan UINSU

Pemko Medan dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan (UINSU) menjalin kerja sama dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pelatihan dewan pengawas koperasi syariah masjid. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan bersama antara Wali Kota Medan, Bobby Nasution dengan Rektor UIN Sumatera Utara Syahrin Harahap di Kampus UINSU, Senin (8/11).

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat mendukung program Pemko Medan khususnya dalam mewujudkan program Masjid mandiri yang telah dicanangkan oleh Wali Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Medan juga menerima penghargaan dari Rektor UINSU sebagai tokoh yang peduli ekonomi islam melalui program Masjid mandiri.

Dalam sambutan Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyampaikan rasa terimakasih kepada UINSU yang telah mendukung program Pemko Medan, salah satunya bagaimana mewujudkan seluruh masjid di Kota Medan menjadi Masjid Mandiri. Sebab untuk menjadikan masjid mandiri harus memenuhi 16 poin yang harus diselesaikan baik oleh Pemko Medan, BKM Masjid dan stakeholder terkait lainya.

“Kita ingin menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tetapi juga tempat peradaban dan pusat ekonomi syariah yang harus dimulai dari masjid sehingga kita dapat bersaing,” kata Bobby Nasution seperti dilansir dari pemkomedan.go.id.

Selanjutnya, Bobby Nasution juga mengapresiasi UINSU yang telah berkenan membantu Pemko Medan dalam memberikan kesempatan bagi para anak-anak kota Medan yang berprestasi dan mengharumkan nama Kota Medan di bidang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk melanjutkan pendidikan di UINSU tanpa harus mengikuti seleksi.

“Alhamdulillah UINSU mau membantu Pemko Medan menerima adik-adik kita yang berprestasi diajang MTQ agar dapat melanjutkan pendidikan di UINSU tanpa tes seleksi,” ucap Bobby Nasution yang hadir didampingi pimpinan OPD terkait di antaranya Asisten Pemerintahan dan Sosial M. Sofyan, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Regen, Kabag Kerjasama Ummy Wahyuni, dan Kabag Kesejahteraan Rakyat Khoiruddin.

Sementara itu Rektor UINSU, Syahrin Harahap turut mengapresiasi langkah Wali Kota Medan yang memajukan masjid melalui program masjid mandiri. Sebab, menurutnya pembangunan tidak bisa terlepas dari spritualitas.

“Dari masjid mandiri tersebut nantinya ada dua poin penting, yakni ekonomi dan pendidikan di masjid, karena itu kami siap mendukung program ini sekaligus menobatkan Bapak Wali Kota Medan sebagai tokoh yang peduli dengan ekonomi islam,” ujarnya.

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesedian Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia (dahulu Bank Syariah Mandiri): (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply