Baznas targetkan pengumpulan ZIS-DSKL se-Indonesia mencapai Rp26 triliun pada 2022

Baznas

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2022 dengan tema “Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat” yang diselenggarakan pada 8-10 Desember 2021 di Jakarta. Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 150 peserta yang merupakan pimpinan seluruh Baznas Provinsi Se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Noor Achmad menyampaikan, Rakernas ini bertujuan untuk membangun kesamaan strategi pengelolaan zakat untuk mewujudkan visi dan misi Baznas dengan tema “Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat.”

Adanya RKAT ini untuk memastikan, Baznas seluruh Indonesia adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan baik Baznas Pusat, maupun Baznas provinsi/kabupaten/kota.

Menurutnya, sesuai dengan tema tersebut, Baznas akan terus memaksimalkan pendistribusian dan pendayagunaan ZIS-DSKL untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan umat, serta mendorong kesenjangan sosial.

“Tahun ini kami melakukan empat penguatan, penguatan kelembagaan, penguatan sarana-prasarana, penguatan SDM dan penguatan jaringan,” jelasnya, seperti dilansir dari baznas.go.id.

Noor menjelaskan, salah satu program utama Baznas yang akan datang adalah memberikan penguatan bantuan kepada daerah-daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal)

“Setelah empat penguatan itu kami lakukan meski belum mencapai 100%, maka di tahun ini kita akan meningkatkan fokus lagi yaitu penguatan di bidang pengumpulan dan perluasan di bidang pendistribusian dan pendayagunaan zakat,” jelasnya.

“Penguatan di bidang pengumpulan, insya Allah pada 2022, kita menargetkan pengumpulan ZIS-DSKL se-Indonesia mencapai Rp26 triliun. Rp11 triliun untuk bantuan langsung, dan Rp15 triliun digunakan untuk penguatan pendayagunaan,” papar dia.

Penyusunan RKAT 2022 juga akan membahas terkait target-target pengumpulan Baznas provinsi/kabupaten/kota, dan akan ada rapat khusus yang diikuti semua pimpinan.

Untuk itu, melalui Rakernas dan penyusunan RKAT 2022 ini akan membahas terkait rapat kerja Bidang Pengumpulan, Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Bidang Perencanaan, Kajian, Pengembangan dan IT, SDM, Keuangan, Bidang Pengendalian Internal, serta Bidang Koordinasi Zakat Nasional guna mengoptimalkan peran zakat ke depan.

Noor berharap, kegiatan ini dapat mendorong dan menghasilkan pencapaian terbaik kinerja Baznas.

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan, visi Baznas “Menjadi Lembaga Utama Menyejahterakan Umat” sejalan dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Memberikan kesejahteraan ini adalah salah satu tujuan negara kita, sehingga visi Baznas ini paralel dengan tujuan negara untuk membangun kemaslahatan bagi rakyatnya,” ujar Mahfud MD pada kesempatan yang sama.

Dia menambahkan, pentingnya memberdayakan umat melalui zakat.

“Untuk itu melalui Baznas ini harus terus memberdayakan orang miskin yang saat ini jumlahnya sebanyak 10,9% dari penduduk di Indonesia,” jelasnya.

Mahfud MD juga meminta agar zakat dapat dikelola secara produktif bagi kesejahtreraan rakyat, sehingga tidak hanya memberikan bantuan jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang para penerima zakat.

“Oleh sebab itu, sekarang mari kita berfikir kreatif agar zakat ini tidak hanya diberikan untuk yang sifatnya jangka pendek tetapi juga untuk yang produktif dan bermanfaat bagi pengentasan kemiskinan secara struktural,” tambahnya.

Mahfud MD juga mengajak seluruh pihak untuk bersinergi bersama dalam memberikan kemaslahatan bagi umat.

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesedian Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia (dahulu Bank Syariah Mandiri): (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply