Baznas: Potensi zakat perusahaan mencapai Rp144,5 triliun

Zakat Perusahaan Capital Life Syariah

Pimpinan Baznas Rizaludin Kurniawan mengatakan, menurut hasil riset dari Pusat Kajian Strategis (Puskas) Baznas, potensi zakat yang dapat dikumpulkan dari perusahaan-perusahaan mencapai Rp144,5 triliun.

“Apabila dioptimalkan, zakat yang dibayarkan perusahaan memiliki kontribusi yang signifikan dalam memperkuat program-program penyaluran zakat. Terlebih lagi saat ini, program-program tersebut ditujukan untuk menguatkan serta meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19,” kata dia pada webinar Zakat Perusahaan, Apa Manfaatnya, Jumat (5/11).

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan perhitungan zakat perusahaan dagang/industri yakni 2,5% x neraca (aktiva lancar-pasiva lancar).

Perhitungan zakat perusahaan didasarkan pada laporan keuangan (neraca) dengan mengurangkan kewajiban atas aktiva lancar, atau seluruh harta (di luar sarana dan prasarana), di tambah keuntungan dikurangi pembayaran utang dan kewajiban lainnya, kemudian dikeluarkan zakatnya 2,5%.

Untuk perhitungan zakat perusahaan jasa, yakni 2,5% x laba bersih setelah pajak.

Artinya perhitungan zakat perusahaan, didasarkan pada laporan keuangan laba-rugi dengan menghitung laba setelah pajak perusahaan kemudian dikeluarkan zakatnya 2,5%.

Sementara Direktur Utama Capital Life Syariah Fitri Hartati mengatakan, awal bekerja sama dengan Baznas berdasarkan rekomendasi untuk membayar zakat perusahaan.

“Kami menyalurkan zakat melalui Baznas sejak 2018. Buat anak-anak tamat Alquran dan sebagainya,” ucap dia. Terakhir Capital Life melalu Baznas mendanai pembangunan masjid di Kuningan, Jawa Barat.

Dia mengakui, pembayaran zakat sepertinya berdampak positif pada kinerja perusahaan. Apalagi pada saat pandemi ini, kinerja perusahaannya malah terus tumbuh sesuai dengan target yang dicanangkan.

Apalagi berdasarkan UU No.21/2011 tentang Pengelolaan Zakat dan UU No.36/2008 tentang Pajak Penghasilan menyebutkan, zakat dapat mengurangi penghasilan kena pajak.

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesedian Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia (dahulu Bank Syariah Mandiri): (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply