Baznas bersama UPZ Bank Permata Syariah luncurkan program lumbung pangan dan Zmart

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Permata Syariah meluncurkan program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan modal usaha. Foto baznas.go.id

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Bank Permata Syariah meluncurkan program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan modal usaha, guna meningkatkan kegiatan ekonomi mustahik yang diselenggarakan di Koperasi Lumbung Pangan Serang, Desa Sukamenak, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten, Senin (20/12).

Program pemberdayaan ekonomi Baznas dan UPZ Bank Permata Syariah ini berupa program Zmart dan lumbung pangan dengan total dana Baznas dan Bank Permata Syariah luncurkan Balai Ternak Kabupaten Tanah Datarsebesar Rp1.536.600.000.

Program tersebut diluncurkan Pimpinan Baznas Saidah Sakwan, disaksikan oleh Direktur Unit Usaha Syariah Bank Permata Syariah Herwin Bustaman, Ketua UPZ Bank Permata Syariah Habibullah, Baznas Provinsi Banten Mulyadi Firdaus, Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Banten Badrudin, Ketua Baznas Kabupaten Serang Iman Saiman, Camat Cikeusal Minggu Sugia, Lurah Sukaraja, dan Perwakilan Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Cikeusal.

“Program pemberdayaan ekonomi Baznas dan UPZ Permata Syariah ini merupakan upaya bersama Dalam rangka melakukan akselerasi recovery usaha masyarakat (khususnya mustahik) selama pandemi Covid-19,” ujar Pimpinan Baznas Saidah Sakwan.

Saidah menjelaskan, kolaborasi ini menjadi bagian penting dalam penguatan pangan nasional. Baznas dan UPZ Bank Permata Syariah juga mendukung petani dimulai dari pemberian penggilingan, pengeringan hingga kendaraan untuk mobilisasi para petani.

“Jika mereka (para petani) sudah bisa bargaining sendiri maka kami harapkan mereka bisa mandiri. Dan kalau mereka mandiri, insya Allah kalau hari ini menjadi mustahik, kedepan mereka akan menjadi muzaki,” ujar Saidah.

Lebih lanjut Saidah menjelaskan, Lumbung Pangan adalah program pemberdayaan ekonomi mustahik dalam sektor pertanian dan peternakan. Mustahik akan diberikan bantuan sarana produksi, lahan, teknologi, dan akses pemasaran. Saat ini lumbung pangan Baznas telah tersebar di enam provinsi, 16 kabupaten/kota dan mencapai 644 KK mustahik.

“Semoga niat baik kita untuk membantu kelompok petani Ranca Layu ini bisa memberikan kebermanfaatan dan kemaslahatan untuk kita semua,” harapnya, seperti dilansir dari baznas.go.id.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Unit Usaha Syariah Bank Permata Herwin Bustaman menjelaskan, selain sebagai unit pelayanan zakat dari Baznas, UPZ Bank Permata Syariah tertarik pada program-programnya, selain tepat sasaran program-program Baznas sangat kreatif dan sampai tuntas.

“Adapun penyaluran untuk program Zmart ditujukan bagi 73 penerima manfaat di delapan lokasi yaitu DKI Jakarta, Kabupaten & Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Garut,” kata Herwin.

“Sedangkan program bantuan modal usaha, sarana, dan prasarana pertanian pada program Lumbung Pangan dilakukan di Kecamatan Petir dan Pamarayan, Kabupaten Serang. Bantuan ini diberikan kepada 25 petani mustahik dengan total luas lahan 25 hektare,” ujarnya.

Menurutnya, program pemberdayaan ekonomi ini merupakan salah stau kewajiban bank syariah untuk membantu pengentasan kemiskinan.

“Kita berharap program ini dapat terus berlanjut dan tepat sasaran sehingga mereka yang menjadi mustahik dapat menjadi muzaki di kemudian hari.

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesedian Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia (dahulu Bank Syariah Mandiri): (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply