MES DKI Jakarta kembangkan platform pemasaran produk halal online bernama Pasyar

Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta mengembangkan sebuah platform pemasaran produk halal online bernama Pasyar (pasar syariah). Platform ini diharapkan menjadi salah satu jalan ke luar bagi UMKM yang hendak menjalankan bisnisnya secara syariah.

Kabid Industri Kreatif MES DKI Jakarta Muhammad Abgari mengatakan, Pasyar merupakan platform online sebagai wadah bertransaksi syariah. Keberadaan platform ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah, khususnya pada UMKM.

“Ini merupakan insiatif dari MES DKI. Pasyar tujuannya untuk umat. MES DKI ingin membuka akses pelaku UMKM memasarkan produk mereka dan juga secara langsung mempertemukan penjual dan pembeli. Platform ini tentunya mempunyai keunggulan lainnya, seperti lebih memerhatikan kaidah syariah yang berlaku,” jelas dia dalam diskusi online, Senin (17/5).

Abgari menjelaskan, barang dan produk yang ditawarkan pada platform ini harus halal dan cara bertransaksi memenuhi kaidah syariah. Selain itu, para palaku usaha harus mempunyai concern yang besar sekali untuk mencari rida Allah. Termasuk ketika mencari rezeki.

“Impact-nya tidak hanya dirasakan di dunia tetapi juga di akhirat. Makanya kita mencoba berikhtiar untuk menjalankan usahanya lebih tenang dan diawasi dari segi syariahnya, Nanti juga akan ada juga berbagai pelatihan kepada UMKM,” tutur dia.

Dia meyakini, konsep ini akan mendapatkan sambutan yang luas. Mengingat pada saat ini ekonomi syariah di Indonesia sedang bangkit. Bahkan pemerintah secara terang-terangan juga mengeluarkan berbagai program untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah. 

Bagi pelaku UMKM yang hendak bergabung di Pasyar bisa mengunduh di Google Playstore. Secara garis besar, ada empat kategori di platform ini, yakni fashion muslim, kuliner halal, kerajinan tangan, dan wisata. Hal itu didasarkan pada besarnya minat konsumen mencari produk halal.

“Kami berharap ini bisa menjadi contoh bagi MES daerah lain. Platform ini masih dalam pengembangan sehingga masih memungkinkan untuk ditingkatkan dan diperbaiki,” tutur dia.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses