Menparekraf sebut provinsi ini pimpin pengembangan wisata halal di Indonesia

Sandiaga S Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan, ada beberapa provinsi di Indonesia yang telah mengambil posisi kepemimpinan dalam pengembangan pariwisata halal di Indonesia.

“Seperti Sumatera Barat, Aceh, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). NTB bahkan pernah menjadi destinasi destinasi terbaik halal dunia,” jelas dia dalam keterangannya secara virtual, Senin (27/9).

Selain itu, dia mengaku, ada beberapa provinsi lain yang tampaknya juga serius mengembangkan konsep pariwisata secara holistik, termasuk halal, yakni Provinsi Kalimantan Selatan dan Gorontalo. Keberadaan provinsi ini ditambahkan Sandi, menjadi titik terang bagi pemerintah dari perkembangan pariwisata halal ke depan.

Wisata halal sendiri memiliki potensi besar, salah satunya berasal dari wisatawan nusantara. Khususnya mereka yang terbiasa berwisata ke luar negeri, baik untuk melakukan perjalanan wisata religi maupun pariwisata dengan konsep muslim friendly tourism. 

“Karena pandemi, mereka tidak memiliki banyak pilihan untuk beriwisata ke luar negeri. Ini yang harus difokuskan,” ucap dia.

Sandi mengaku tidak memiliki kendala dalam mengembangkan pariwisata halal di Indonesia. Hanya saja, ada pemahaman yang belum satu frekuensi, antara seluruh pemangku kepentingan tentang wisata halal.

“Rencananya kami akan melakukan edukasi dan sosialisasikan. Kami berharap wisata halal menjadi salah satu peluang wisata minat khusus di tengah pandemi dan paskapandemi,” ucap dia.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply