Kemenag: Kesadaran berzakat masyarakat meningkat

Indonesia kembali menjadi negara paling dermawan di dunia versi World Giving Index (WGI) 2021. Indonesia meraih skor 69%, naik dari skor 59% di indeks terakhir yang diterbitkan pada 2018.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Tarmizi Tohor mengatakan, terpilihnya kembali Indonesia menjadi negara paling dermawan versi WGI, adalah salah satu bukti kesadaran masyarakat dalam berzakat meningkat.

“Beberapa tahun belakang, pengumpulan zakat masyarakat mengalami kenaikan yang signifikan, terutama layanan zakat online,” katanya saat dihubungi melalui pesan whatsapp di Jakarta, Rabu (16/6).

Direktur menjelaskan, menurut data Pusat Kajian Strategis (Puskas) Baznas 2020, layanan zakat online mengalami kenaikan signifikan. Dari Tahun 2018-2020 mengalami kenaikan sekitar 334%.

“Kenaikan pengumpulan zakat online didominasi oleh generasi milenial sebanyak 56%,” pungkasnya seperti dilansir dari bimasislam.kemenag.go.id.

The World Giving Index (WGI) adalah laporan tahunan yang diterbitkan oleh Charities Aid Foundation (CAF), menggunakan data yang dikumpulkan oleh Gallup dan memeringkat lebih dari 140 negara di dunia berdasarkan seberapa dermawan dalam menyumbang.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply