Asuransi ASEI Syariah kolaborasi dengan ISYEF, BSI Muda dan PB HMI bantu UMKM dan masjid

Pemerintah masih melakukan upaya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak awal Juli hingga 23 Agustus, seiring dengan embali melonjaknya pandemi Covid-19. Untuk membantu UMKM, masyarakat dan masjid, Asuransi ASEI Syriah diwakili oleh Sharia Group Head Wahyudin Rahman, menjalin kolaborasi dengan Indonesia Islamic Youth Economic Forum (ISYEF), Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) Muda, dengan Program Kotak Berbagi.

Kolaborasi kali ini diadakan di dua provinsi, yakni di DKI Jakarta, tepatnya Masjid Al Isra dan beberapa masjid lainnya, serta di Sulawesi Selatan di Masjid Darul Muttaqin. Sebelumnya telah diselenggarakan di Masjid Cut Meutia, Menteng. Rencananya kegiatan ini akan berpindah-pindah dari masjid ke masjid setiap pekannya.

Gerakan sosial ini merupakan bagian dari dana tabarru` melalui pos infaq dari peserta asuransi syariah yang wajib dikeluarkan setiap tahunnya oleh perusahaan.

“Kali ini, kami pilih dengan cara berbeda penyalurannya dan berkolaborasi tentunya. Jika biasanya dalam bentuk donasi dan lainnya. Kali ini berbagi nasi kotak setiap Jumat. Nasi kotak ini dibeli melalui UMKM terdekat dengan masjid, lalu dijual dengan harga murah senilai Rp2.000 kepada masyarakat. Hasil penjualan disumbangkan ke masjid sebagai infaq atau sedekah. Inisiasi anak muda sangat kreatif dan solutif, kami satu tujuan dan mendukung penuh,” ujar Wahyudin Rahman, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/8).

Dampak PPKM dinilai menimbulkan kekhawatiran yang signifikan terhadap ekonomi masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah dan kaum dhuafa yang masih perlu keluar rumah untuk mendapatkan pemasukan. Peraturan tersebut juga berdampak pada menurunnya pemasukan uang amal masjid, karena pembatasan hingga penutupan.

Salah satu pengurus DKM Masjid Al Isra mengatakan, merasa sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

“Kegiatan ini perlu diadakan sebanyak mungkin dalam masa pandemi saat ini. Masyarakat pun berlomba-lomba dalam kebaikan untuk membeli banyak nasi kotak tersebut untuk diberikan kepada kaum dhuafa kembali jadi tidak hanya di konsumsi. Kebaikan menular dengan kebaikan,” ujarnya.

Asuransi ASEI Syariah dan ISYEF berharap, gerakan kolaborasi kebaikan bisa dicontoh di daerah lain dan dapat menjadi inspirasi anak muda sehingga dapat membantu masyarakat, UMKM, dan masjid. Hal ini juga tentunya membantu program pemerintah dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply