Allianz Life Indonesia dalam proses pemisahan unit usaha syariah

ilustrasi spin off. Foto: mas-software.com/

SHARIAHFINANCE.ID-Manajemen Allianz Life Indonesia, melalui pengumuman yang diterbitkan di Harian Bisnis Indonesia edisi Jumat (13/1/2023), akhirnya mengumumkan rencana spin off alias pemisahan Unit Usaha Syariah (UUS).

Bahkan manajemen Allianz Life Indonesia menyebutkan, telah mendirikan badan hukum Allianz Life Syariah Indonesia dan dalam proses mendapatkan izin sebagai perusahaan asuransi jiwa syariah. Nantinya aset kepesertaan syariah akan dialihkan kepada perusahaan tersebut.

Seperti dilansir dari laman resmi Aliianz.co.id yang tayang pada 12 November 2022, per kuartal ketiga 2022, Allianz Syariah mencatatkan pertumbuhan yang kuat untuk Annualized Premium Equivalent (APE) sebesar 53,5%, jauh di atas rata-rata pasar sebesar 10,2%, dengan market share 14,8%.

Selain itu, untuk Weighted New Business Premium (WNBP) Allianz Syariah tumbuh sebesar 46,5%, di atas rata-rata pasar sebesar 32,1%, dengan market share sebesar 13,1% (Sumber: Laporan AAJI Kuartal Ketiga 2022). Pertumbuhan yang kuat ini didukung oleh kanal distribusi keagenan dan bancassurance.

Allianz Syariah konsisten memperluas jaringan distribusi keagenan, dengan merekrut generasi milenial yang memiliki minat untuk mengembangkan kemampuan kewirausahaan. Hal ini menjadi prioritas Allianz Syariah dalam memperkuat jalur distribusi pemasaran, mengingat generasi milenial akan terus berkembang menjadi pasar asuransi syariah ke depannya. Saat ini, Allianz Syariah didukung lebih dari 30.000 tenaga pemasar berlisensi syariah, yang 60% di antaranya merupakan generasi milenial.

Sampai kuartal ketiga 2022, Allianz Syariah telah mendistribusikan total santunan asuransi (klaim) dan pembayaran manfaat sebesar Rp658 miliar, di mana 59% dari jumlah tersebut merupakan santunan asuransi atau klaim, sebagai perwujudan dari prinsip tolong-menolong antar peserta asuransi syariah.

“Kami fokus pada pengembangan bisnis, SDM & kanal distribusi, serta terus melakukan persiapan proses dan sistem sebagai landasan yang kuat menuju spin off unit syariah. Ketiga hal ini menjadi komitmen kami untuk senantiasa memberikan solusi perlindungan dan layanan asuransi syariah yang dibutuhkan nasabah serta masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan demikian kami dapat terus meningkatkan pertumbuhan bisnis dan berkontribusi dalam perkembangan industri syariah di tanah air,” tutup Managing Director Sharia Allianz Life Indonesia Ginawati Djuandi.

 

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam rangka mempercepat proses kemandirian dan meningkatkan kuantitas berita yang ditayangkan di portal kesayangan Anda ini, kami mengharapkan kesediaan Anda untuk berdonasi melalui:

Bank Syariah Indonesia: (451) 703 908 1002

Terima kasih atas perhatiannya, sekecil apapun perhatian Anda, pasti kami hargai. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses